Selasa, 25 September 2012

Wahh! Parasetamol Bisa Meringankan Sakit Akibat Patah Hati




Pemberian dosis kecil parasetamol bisa membantu meringankan rasa sakit akibat patah hati. Hal ini ditemukan melalui uji coba yang dilakukan oleh University of California selama tiga minggu.

Percobaan dilakukan terhadap 62 relawan yang diminta untuk menggunakan parasetamol -salah satu jenis obat penghilang rasa sakit (painkiller)-, dan obat palsu (placebo).

Studi ini menemukan, konsumsi 1.000 mg atau sekitar dua tablet obat penghilang rasa sakit, menunjukkan penurunan perasaan sakit hati yang signifikan, dibandingkan mereka yang memakai placebo.


Usut punya usut, penelitian ahli saraf menemukan, area otak yang memproses rasa sakit emosional sama dengan zona otak pusat pengolahan rasa sakit fisik, yakni anterior cingulate cortex. Sehingga, perasaan sakit hati dapat merespon obat penghilang rasa sakit.

Dr Naomi Eisenberger, asisten profesor psikologi sosial, mengatakan, temuan ini dapat membantu mengembangkan pengobatan rasa sakit akibat kehilangan orang terkasih, misalnya.

Namun demikian, Eisenberger tidak terlalu menyarankan untuk mulai menggunakan painkiller pasca kejadian traumatis.

Rasa sakit emosional, katanya, kemungkinan merupakan respon sehat yang memberitahu kita untuk tidak mengulangi perilaku itu. Mengenyahkannya, berarti mengganggu pemulihan diri secara alami.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar